A. Judul Penelitian Kuantitatif
“Pengaruh Uang Saku, Kepemilikan Gaway dan Hobi Terhadap Prestasi Belajar di SMAN 1 Mangkutana”
B. Rumusan Masalah
Deskriptip
1. Seberapa banyak uang saku siswa di SMAN 1 Mangkutana?
2. Seberapa tinggi kepemilikan gaway siswa di SMAN 1 Mangkutana?
3. Seberapa banyak jenis hobi siswa di SMAN 1 Mangkutana?
4. Seberapa tinggi prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
Asosiatif
1. Seberapa besar pejngaruh uang saku terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMAN Mangkutana?
2. Seberapa besar pengaruh kepemilikan gaway terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
3. Seberapa besar pengaruh jenis hobi terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
4. Seberapa besar pengaruh uang saku dan kepemilikan gaway terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
5. Seberapa besar pengaruh kepemilikan gaway dan jenis hobi terhadap prestasi belajar di SMAN 1 Mangkutana?
6. Seberapa besar pengaruh uang saku dan jenis hobi terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
7. Seberapa besar pengaruh uang saku, kepemilikan gaway dan jenis hobi terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana?
C. Teori dan Sintesa
1. Uang Saku
Teori
ü Uang saku adalah uang yang dibawah untuk keperluan sewaktu-waktu (Departemen Pendidikan Nasional, 2008:1573)
ü Uang saku adalah uang yang diberikan kepada anak agar tidak merasa lapar ketika berada di lingkungan tempat mereka belajar baik itu di Sekolah, Uiversitas maupun lembaga informal lainnya (Fadillah, 2017:29)
ü Uang saku adalah uang yang diberikan oleh orang tua dengan perencanaan yang jelas,misalnya uang tersebut digunakan untuk transportasi, kebutuhan mendadak atau tabungan anak (Kamilah: 2018)
Sintesa
“Uang saku adalah uang yang diberikan oleh orang tua dengan perencanaan yang jelas kepada seorang anak untuk memenuhi segala keperluannya selama berada di lingkungan belajar”
2. Kepemilikan Gaway
a. Kepemilikan
Teori
ü Kepemilikan dalam kamus besar bahasa Indonesia berkata dasar milik yang berarti kepunyaan; hak, dari dasar kata tersebut kepemilikan kemudian diartikan sebagai segala hal berkaitan dengan milik baik berupa proses, perbuatan, cara memiliki (Kamus Besar Bahasa Indonesia :1999)
ü Dalam bahasa Inggris kepemilikan mempunyai padanan kata Ownership yang berarti The collection of rights allowing one to enjoy property, including the right to convey it to others. Ownership implies the right to possess a thing, regardless of any actual or constructive control. Ownership rights are general. permanent, and inheritable (3 Black’s Law Dictionary. 7th,: 1999)
ü Kepemilikan dalam bahasa arab berasal dari kata Al-milk yang berarti hak milik, hak milik sendiri merupakan suatu kekhususan terhadap sesuatu harta yang menghalangi orang lain dari harta tersebut (Al-Zuhaily, 1985:37)
Sintesa
“Kepemilikan adalah hak milik terhadap terhadap sesuatu harta yang menjamin kepunyaan pribadi dan bersifat umum permanen serta dapat diwariskan”
b. Gaway
Teori
ü Manurut kamus besar bahasa indonesia gaway memiliki dua makna yaitu kerja, pekerjaan dan perkakas (Departemen pendidikan Indonesia, 2008:442)
ü Widiawati dan Sugiman (2014), gaway atau yang lebih dikenal dengan sebutan gadget merupakan barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan
ü Jati dan Herawati (2014), gadget adalah media yang dipakai sebagai alat komunikasi modern dan semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia.
Sintesa
“Gaway adalah perkakas atau alat canggih yang dapat digunakan untuk mempermuda kegiatan manusa baik dalam berkomunikasi, mengakses informasai, media hiburan dan sebagai alat kerja”
Sintesa “Kepemilikan Gaway”
“Kepemilikan gaway adalah hak milik pribadi terhadap alat canggih yang dapat digunakan baik dalam berkomunikasi, mengakses informasi, media hiburan dan sebagai alat kerja”.
3. Hobi
Teori
ü Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama (https://kbbi.kemdikbud.go.id, 16 Oktober 2018).
ü Menurut Crow & Crow hobi adalah sesuatu yang berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun bisa berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri (Abror, 1993:112).
ü Menurut oxford dictionary hobi adalah An activity done regularly in one's leisure time for pleasure (Oxford Dictionary, https://en.oxforddictionaries.com, 16 Oktober 2018)
Sintesa
“Hobi adalah suatu ketertarikan, kegemaran atau kesenangan terhadap kegiatan tertentu yang dilakukan secara teratur pada waktu senggang”
4. Prestasi Belajar
Teori
ü “Prestasi belajar merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari dalam maupun dari luar (Hamid, 2004)
ü “Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan terhadap keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran dan ditunjukkan oleh nilai tes (Purwanto:1990)
ü Menurut Winkel dalam Sunarto (1996:162)“prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya”
Sintesa
“Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan belajar yang dilihat melalui penguasaan pengetahuan terhadap keterampilan yang ditunjukkan oleh nilai tes yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar”
D. Kerangka Pikir.
1. Bila uang saku merupakan uang yang diberikan kepada siswa untuk memenuhi segala kebutuhannya selama berada dalam lingkungan belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar, maka pengaruh tersebut menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar.
2. Bila kepemilikan gaway merupakan hak milik terhadap alat canggih yang digunakan baik dalam berkomunikasi, mengakses informasi atau pengetahuan, sebagai media hiburan dan alat kerja dalam proses belajar, maka pengaruh tersebut menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar.
3. Bila hobi merupakan ketertarikan, kegemaran atau kesenangan terhadap kegiatan tertentu pada waktu senggang yang mempengaruhi hasil belajar siswa, maka pengaruh tersebut menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar.
E. Hipotesis
1. Jumlah uang saku yang dibawa oleh siswa di SMAN 1 Mangkutana sangat banyak.
2. Tingkat kepemilikan gaway siswa di SMAN 1 Mangkutana tinggi.
3. Siswa di SMAN 1 Mangkutana memiliki berbagai jenis hobi
4. Tingat Prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana sangat tinggi
5. Uang saku berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMAN 1 Mangkutana.
6. Kepemilikan gaway berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana.
7. Jenis hobi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana.
8. Uang saku dan kepemilikan gaway berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana.
9. Kepemilikan gaway dan jenis hobi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar di SMAN 1 Mangkutana.
10. Uang saku dan jenis hobi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana.
11. Uang saku, kepemilikan gaway dan jenis hobi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Mangkutana.
DAFTAR PUSTAKA
A. Garner, Bryan (ed), 1999, Black’s Law Dictionary seventh Edition, St. Paul Minn, New York
Abror, Abrurrahmah. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Az-Zuhaili. 2011. Wahbah, Fiqh Islam Wa Adillatuhu juz 3, Jakarta: Gema Insani.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dekdikbud, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Jati, Lucia Tri Ediana Pamungkas & F. Anita Herawati. 2014. Segmentasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dalam Menggunakan Gadget (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dengan Teknik Analisis Cluster berdasarkan Motivasi dan Perilaku Penggunaan Gadget). Yogyakarta: E-Jurnal Universitas Atma Jaya
Kamilah, Mira. 2018. Belajar Mengelola Uang Melalui Uang Saku. Bandung: UPI.
Oxford dictionary. English Dictionary Thesaurus & Grammar Help. 16 Oktober 2018. https://en.oxforddictionaries.com/
Purwanto Ngalim. 1990. Belajar Berhubungan Dengan Perubahan Tingkah Laku. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Widiawati, I, Sugiman, H & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan.
0 komentar:
Posting Komentar